Tips Kuliah Sambil Kerja

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja, terkadang ada resiko besar yang siap-siap kamu tanggung. Mungkin karena tuntutan ekonomi atau cuma sekedar menghabiskan waktu luang di tengah-tengah kuliah, kadang kita memikirkan untuk kuliah sambil kerja. Apakah salah kuliah sambil kerja? Tidak salah, selama kita masih bisa fokus kuliah daripada fokus mencari uang dan bisa membagi waktu. Nah, tadi saya sempat bahas ada resiko besar siap ditanggung? Resiko apa? Resiko kalau tidak bisa membagi waktu.
Kalau kita terlalu tidak fokus dan sibuk mencari uang, jadinya kebalik, kerja sambil kuliah, bukan kuliah sambil kerja. Di Indonesia, ada beberapa universitas yang jadwal kuliahnya memungkinkan kita untuk kuliah sambil kerja. Di luar negeri pun, misalnya di Australia, UK, New Zeland, kita bisa kuliah sambil kerja sampai 20jam/minggu. Kalau memang mau kuliah sambil kerja, ada beberapa tips buat kamu semua biar bisa fokus kuliah (selain tips kuliah untuk siswa yang sudah dibahas sebelumnya) : 
1. Manfaatkan akhir pekan atau waktu di luar jam kerja untuk mempelajari materi kuliah. 
2. Gunakan waktu luang sepulang/sebelum kerja untuk belajar. 
3. Saat tugas kantor sedang banyak dan urusan kuliah tak bisa ditinggal, coba negosiasi dengan atasan/bos. 
4. Bijak membagi waktu. Di saat ada tugas berat baik tugas kuliah maupun kerjaan, kamu bisa cicil duluan. 
5. Jalin hubungan yang baik dengan teman kuliah untuk teman belajar. 
6. Ketika kuliah dan kerja sama-sama sedang lowong, manfaatkan untuk refreshing. Ini adalah masa untuk istirahat sejenak sambil menyegarkan tubuh. 
Nah itu adalah tips supaya bisa kuliah sambil bekerja. Jadi jangan takut kuliah sambil kerja, kamu pasti bisa